Analisis butir soal pilihan ganda dan essay dengan excel


Analisi butir soal

Analisis butir soal pilihan ganda dan essay dengan excel - Bagi seorang guru kegiatan  evaluasi sangatlah menjadi tuntutan, dimana seorang guru harus mengetahui hasil belajar siswanya dengan serangkaian tes yang berupa soal-soal serta berupa percobaan-percobaan kepada anak didik. Untuk memudahkan guru dalam menilai hasil tes tersebut dibuatlah analisis butir soal.

Dalam melakukan evaluasi terhadap alat pengukur yang telah digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar dari para peserta didiknya (muridnya, siswa, mahasiswa dan lain-lain). Alat pengukur dimaksud adalah tes hasil belajar, yang sebagai mana telah kita maklumi, batang tubuhnya terdiri dari kumpulan butir-butir soal (=item, tes). Dalam aplikasinya mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting dalam hal untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai.
Analisis butir soal hendaknya kita lakukan untuk dapat mengidentifikasi butir-butir tes secara baik dan tepat dan dapat memahami informasi yang diperoleh untuk melakukan perbaikan.
Guna memudahkan para guru dalam menganalisis soal tersebut sehingga tidak menyita banyak waktu dalam menganalisis anda bisa menggunakan aplikasi excell di bawah ini :
  1. Analisis Butir Soal
  2. Analisis Soal Pilihan Ganda
  3. Analisis Soal Isian
semoga ketiga aplikasi Excell diatas dapat memudahkan anda dalam menganalisis evaluasi soal sehingga anda tidak membuang banyak waktu dalam menganalisis.
mungkin hanya itu, apabila ada kesulitan dalam mengaplikasikannya atau sekedar bertanya anda bisa masukkan dalam kolom komentar. Terima Kasih
 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap