Mengenal lebih jauh tentang Verval PD Kemenag

Verval PD
Verval PD ( Verifikasi dan Validasi Peserta Didik ) adalah aplikasi untuk melakuakn verval NISN. NISN merupakan nomor unik yang diberikan kepada Peserta Didik. 

Dalam postingan ini saya mencoba untuk memperlihatkan menu-menu yang ada dalam aplikasi verval pd yang ada beberapa tab bagian yaitu Home, Referensi, Residu, Edit Data, Konfirmasi Data, System
1. Home
Home ini menampilkan Diagram perbandingan data yang sudah berada di tab Referensi dan Tab Residu. Di sini juga di tampilkan grafik aktifitas Verval PD yang dilakukan Operator.

2. Tab Referensi
Pada tab referensi ini adalah daftar nama siswa yang dientrykan di Dapodik dan telah cocok dengan data yang dimiliki Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dalam hal ini adalah Data NISN. Didalam tab referensi ada tombol UNMATCH yang di maksudkan untuk memindahkan data PD yang tidak samasama dengan data NISN PDSP, mungkin nomor NISN tersebut sebenarnya milik PD lain tetapi sebelumya melalui Tab RESIDU terlanjur di Match Karena Kesamaan Nama PD.

Data bisa muncul/tampil Tab Referensi ini ada 2 cara. 
  • Otomatis – Otomatis dimunculkan oleh sistem karena data yang kita entry   di DAPODIK sudah identik degan Data yang dimiliki PDSP.
  • Manual – Manual yang di maksud adalah karena aktifitas yang dilakukan pada Tab Residu dengan menekan tombol MATCH seperti yang telah disebutkan di atas.
3. Tab Residu
Pada tab Residu ditampilkan data dapodik tidak otomatis masuk ke Tab Referensi, Tugas operator adalah mencari data yang cocok/ sama dengan data pada PDSP Akan tetapi kita harus coba cek lagi untuk meyakinkan bahwa data yang ditampilkan adalah data PD yang dimaksud.

4. Tab Edit Data
Ada 2 menu pada edit data yaitu Pengajuan dan Status. Pengajuan edit ini berguna untuk mengajukan perubahan data yaitu Nama dan Taggal Lahir atau NISN. Sedangkan Status adalah untuk mengetahui status perubahan data, apakah sudah disetujui atau tidak.

Yang bisa di ubah melakui aplikasi verval adalah Nama dan Tanggal Lahir dan Nomor NISN. Misal kita akan mengubah Nama PD kita klik saja:
  • Edit Data - Pengajuan – Nama dan Tanggal Lahir – Pilih Siswa 
  • Pilih data PD yang akan di edit/dibenarkan – OK 
  • Isikan Nama Baru dan tanggal larhir baru, isikan yang sesuai, jika salah satunya sama tetap harus diisikan sama juga, karena kedua isian ini tidak boleh kosong. 
  • Selanjutnya upload scan dokumen pendukung, akte kelahiran / kk/ dokumen lain yang sah. Ukuran file tidak boleh lebih dari 800 kb. 
  • Jika sudah simpan perubahan 
6. Tab Konfirmasi Data
Tab ini harus lebih teliti lagi. Dalam tab ini anda diminta untuk mengkonfirmasi apakah data tersebut yakin benar valid?, 
karena akan di simpan dan sebagai data NISN yang valid dan akan ditampilkan di web NISN
Dalam tab konfirmasi dibedakan lagi menjadi 2 tab data terindikasi sama dan data terindikasi berbeda. Keduanya tetap harus di konfrim. Tab terindikasi mirip karena data dapodik yang kita entru mirip dengan pdsp, terindikasi tidak mirip karena sebaliknya.

6. System – Logout, keluar dari aplikasi verval PD

Syarat pengajuan edit Data pada Verval PD :
Sebelum upload lampiran edit data yang harus diperhatikan adalah : (cara scan lampiran)
1). Field tidak boleh kosong
2). Format File lampiran, JPG, PNG
3). File tidak melebihi 800Kb klik sini untuk cara meresize gambar

File yang Syaratkan sebagai lampiran diantaranya :
 
  • Akta kelahiran 
  • Surat Kenal Lahir 
  • Kartu Keluarga 
  • Ijazah (untuk PD SMP/SMA/SMK) 
  • SKHUN 
  • Atau berkas lain yang Syah menurut Hukum yang berlaku

Demikian sekelumit gambaran tentang verval PD serta bagian-bagianya yang mungkin bisa membantu OPS dalam mengelola aplikasi verval PD. bila ada pertanyaan bisa sharing bareng dikolom komentar.
salam OPS, indahnya berbagi terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap