10 Manfaat yang diperoleh dari ekstrakurikuler pramuka


ekstrakurikuler pramuka

Kegiatan Ekstrakurikuler apa yang kalian ikuti semasa berada di sekolah? Hayo, siapa yang suka banget sama ekstrakurikuler yang menantang satu ini? Atau ada yang benci banget sama Pramuka? Mungkin karena Pramuka adalah ekstrakurikuler yang buat kamu capek dan harus buat kamu hidup apa adanya. Tapi, sadar atau tidak sadar, Pramuka mempunyai manfaat khusus buat kamu.

Kegiatan Ekstrakurikuler pramuka dapat memberikan dampak positif pada siswa-siswa mulai dari kedisiplinan, kemandirian dan lain sebagainya.
Berikut beberapa manfaat ikut Pramuka:

1.   Kemandirian
Banyak anak yang terbiasa dibantu oleh orang tua atau asisten rumah tangga untuk mengurus diri. Namun dengan mengikuti kegiatan Pramuka ia akan belajar untuk mengurus keperluannya sendiri.
Dengan belajar mandiri akan membentuk karakter anak menjadi lebih baik dibanding dengan mereka yang terbiasa dilayani.
Pernah ikut kemah? Pastinya kalau ekstrakurikuler Pramuka akan mengadakan yang namanya kemah. Kemah ini bukan seperti yang biasa kita lakukan saat liburan. Kalian harus mandiri. Memanfaatkan segala sesuatu yang ada dan tidak boleh hidup ketergantungan seperti di rumah. Harus bisa hidup apa adanya tanpa bantuan teknologi. Tidak ada laptop, tidak ada ponsel, bahkan beberapa kemah melarang penggunaan listrik meskipun itu haya sebatas lampu. Kalian harus bisa masak sendiri untuk makan, mencuci piring dan baju sendiri. Tidak ada yang instan.

2.  Kedisiplinan
Di dalam Pramuka juga, kita pasti mendengar yang namanya apel. Apel di sini bukan jenis buah. Apel di sini merupakan sebutan untuk upacara dalam Pramuka. Kita harus mengikuti apel dengan khidmat tanpa mengeluh.

3.  Kreatif
Banyak kegiatan yang ada dalam Pramuka yang menuntut anak untuk menggunakan kreativitasnya. Banyak aktivitas yang membuat anak harus menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan ide cemerlang mereka. Dengan demikian kreativitas mereka semakin diasah.

4.  Tanggung jawab
Saat mengikuti kegiatan Pramuka, anak akan dituntut untuk bisa mengambil keputusan dalam hal apapun dan bertanggung jawab dengan keputusannya tersebut. 
Dalam kegiatan Pramuka, ia harus bertanggung jawab pada saat melakukan tugasnya. Misalnya saat membuat tenda mereka harus bertanggung dengan keselamatan tenda.
Pada saat memasak, ia harus bertanggung jawab pada orang lain yang menikmati makanan tersebut. Saat berkemah ia juga belajar tanggung jawab dengan perlengkapannya masing-masing.

5.  Kepemimpinan
Dalam kegiatan Pramuka, tiap anak akan mendapat kesempatan untuk memimpin regunya masing-masing. Saat mendapat kesempatan itulah anak akan belajar mengenai gaya kepemimpinan sehingga ketika memasuki usia dewasa anak bisa menjadi seorang pemimpin, baik ditempat kerja, organisasi, maupun ketika sudah berkeluarga.

6.  Berkomunikasi
Saat mengikuti kegiatan Pramuka maka anak akan dituntut untuk bisa berhubungan dengan temannya, baik yang satu tim dengannya maupun yang berbeda timnya.
Kegiatan dalam Pramuka lebih banyak dilakukan secara berkelompok sehingga melatih mereka untuk bisa berkomunikasi dengan teman-temannya. Dengan kegiatan ini, maka anak yang tadinya pemalu atau pendiam dapat menjadi lebih berani untuk berbicara dengan orang lain.

7.  Gotong Royong dan Kebersamaan
Pada saat kemah, pastinya kita tidak hanya sendirian. Pasti dalam satu tenda diisi oleh begitu banyak orang. Kalian tentunya harus saling membantu untuk bertahan hidup saat kemah kini. Misalnya seperti dari awal kemah. Kita memasang tenda bersama. Kita juga harus berbagi tempat tidur bersama. Kita juga harus saling membantu misalnya dalam mencuci piring. Atau bahkan misalnya ada teman kita yang sakit, kita harus merawatnya.

8.  Menekan Keegoisan
Dengan hidup bersama-sama dalam satu tenda, kita tidak bisa egois. Kita harus menghormati dan hidup bersama-sama dengan baik. Harus berbagi dan menolong satu sama lain.

9.  Kecintaan Terhadap Alam
Kita hidup mandiri. Kita akan dituntut untuk dapat menghargai alam. Dalam Pramuka, kita lebih sering melakukannya di luar lapangan. Kita juga dituntut untuk menjaga alam sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada alam.

10.  Kemampuan Bertahan Hidup
Dalam kegiatan Pramuka anak akan diajarkan berbagai kode sandi, cara  mengikat simpul, membuat tenda, memasak dengan peralatans seadanya, P3K, dan kemampuan lainnya yang akan berguna untuk bertahan hidup saat situasi darurat. Kita belajar begitu banyak sandi. Kita juga belajar kode-kode lain dalam Pramuka, serta kita juga akan diajari berbagai simpul. Hal itu ditujukan untuk kita bertahan hidup dalam keadaan genting.

Di Mi Roudlotul Mubtadiin ini siswa-siswi diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka mulai dari kelas 3 s/d kelas 6, Yang diadakan setiap hari sabtu siang. Karena efek dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka amat besar dirasa untuk kedisiplinan dan kemandirian anak baik ketika di sekolah ataupun dirumah. Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap