Cara mudah membuat akun email Gmail

https://www.google.com/gmail/
Assalamu'alaikum Wr.Wb. Jangan lupa bahagia. Bapak/Ibu pasti memiliki smartphone, biasanya untuk pertama kali dalam menggunakan smartphone dimintai sebuah akun Email?
selain untuk bisa mengakses layanan Playstore,membuat BBM, dan masih banyak lagi. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bekerja didunia maya tentu tak asing lagi dengan istilah Email, namun masih banyak juga orang yang belum mengetahui sebenarnya tentang kegunaan dan manfaat E-mail. oleh karena itu akan Madrasah Berkah berikan penjelasan singkatnya.


Definisi Email
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet. Surat lektronik atau email memungkinkan kita dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada orang lain yang juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah Yahoo, gmail, Hot Mail dan masih banyak lagi.  Penyedia layanan email email umumnya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis.

Cara Kerja Email :
  1. Pengguna menulis email dan kemudian menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.
  2. Aplikasi email mengirim email pada komputer mirip seperti seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server.
  3. Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah email dikirimkan melalui beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.
  4. Setelah email sampai pada alamat penerima kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya.
  5. Saat penerima membuka kotak posnya, aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat di email server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.
  6. Penerima dapat segera membaca email baru yang telah di unduh.
                   Baca jugaCara buat email yahoo gratis

Sekarang ke tahap selanjutnya yaitu cara membuat E-mail gmail keluaran Google. tapi sebelumnya siapkan no HP yang masih aktif untuk aktivasinya.
Langsung saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Cara membuat akun Email dari Google


Create An Account

  • Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda.


formulir pendaftaran

  • Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, disini anda diberikan 2 opsi lewat SMS atau Telf.klik Lanjutkan


verifikasi akun

  • Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia. Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.


Verifikasi Gmail

  • Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya. 
  • Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.






Gmail


anda juga bisa melihat tutorialnya dalam video berikut :




Selamat akun gmail anda sudah bisa digunakan. ternyata mudah dan gratis. jangan lupa banyak fitur yang ditawarkan oleh layanan Gmail ini yang akan dibahas dilain waktu. mungkin cukup sekian bila ada sesuatu yang kurang difahami tulis dikolom komentar. terima kasih



Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap