Mengenal Parenting dan juga manfaatnya

Manfaat Parenting

Parenting adalah pekerjaan dan ketrampilan orang tua dalam mengasuh anak. Pembahasan mengenai parenting dalam referensi ini, penulis tekankan pada pembahasan pola asuh anak oleh orang tua dalam keluarga dan guru di sekolah.

Tugas utama mencerdaskan anak tetaplah ada pada orang tua meskipun anak telah dimasukkan ke sekolah agama. Peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak sangatlah penting dalam mengembangkan potensi anak. Proses penanaman aqidah berada di tangan orang tua karena dalam hal ini keluarga diberi kepercayaan oleh Allah untuk mendidik dan mengasuh anak-anak mereka.

Orang tua dan guru, merupakan komponen penting dalam pendidikan. semua pihak harus membangun komunikasi yang baik untuk kemajuan pendidikan. Karena majunya pendidikan tidak hanya tanggung jawab guru atau sekolah semata, melainkan tanggung jawab orang tua.

Ada tradisi yang baik di masyarakat kita setiap hendak memasuki tahun pelajaran baru. Tradisi baik itu adalah pertemuan antara para orang tua siswa baru dengan para guru dan pihak sekolah atau lebih populer dengan istilah parenting. Hal ini merupakan hal yang baik dan awal yang positif sebelum KBM tahun pelajaran baru dimulai. Pertemuan antara orang tua dan guru bisa dijadikan sarana untuk sharing terkait rencana program dan tujuan yang ingin dicapai bersama antara pihak sekolah maupun orang tua.

Manfaat yang didapat dari adanya pertemuan antara orang tua dan guru, antara lain ;

  1. Lebih terjalinnya hubungan silaturahim dan kedekatan antara orang tua dan guru.
  2. Membuka ruang diskusi/sharing serta keterbukaan antara orang tua dan guru.
  3. Orang tua bisa mendapatkan informasi yang utuh mengenai program pendidikan anak-anaknya.
  4. Orang tua dapat langsung menyampaikan saran maupun kritik kepada pihak sekolah secara terbuka.
  5. Para guru mendapat banyak masukan yang bisa dijadikan acuan dan pertimbangan dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.
Semoga dengan adanya parenting ini menjadi jembatan antara orang tuan dan guru sehingga dalam menjalankan mengasuh dan mendidik anak bisa lebih maksimal. terima kasih


Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap