Kenali karakteristik anak usia MI/SD (7-12 Tahun)


Kenali karakteristik anak usia MI/SD (7-12 Tahun)


MASA SEKOLAH DASAR
1.   Masa kelas-kelas rendah Sekolah Dasar yang
berlangsung antara usia 6/7 tahun – 9/10 tahun, biasanya mereka duduk di kelas 1, 2 dan 3
2.   Masa kelas-kelas tinggi Sekolah Dasar, yang
berlangsung antara usia 9/10 tahun – 12/13 tahun, biasanya mereka duduk di kelas 4, 5 dan 6
CIRI-CIRI ANAK MASA KELAS RENDAH
a)   Ada hubungan yang kuat antara keadaan jasmani dan prestasi sekolah
b)   Suka memuji diri sendiri
c)   Kalau tidak dapat menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, tugas atau pekerjaan itu dianggapnya tidak penting.
d)   Suka membandingkan dirinya dengan anak lain, jika hal itu menguntungkan dirinya.
e)   Suka meremehkan orang lain.

CIRI KHAS ANAK MASA KELAS TINGGI
a)   Perhatiannya tertuju kepada kehidupan praktis sehari-hari
b)   Ingin tahu, ingin belajar  dan realistis
c)   Timbul minat kepada pelajaran-pelajaran khusus
d)   Anak memandang nilai sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajarnya di sekolah
e)   Anak-anak suka membentuk kelompok sebaya atau peergroup untuk bermain bersama, mereka membuat peraturan sendiri dalam kelompoknya

PERKEMBANGAN KOGNITIF
Menurut Piaget, perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian disekitarnya. Bagaimana anak mempelajari ciri-ciri dan fungsi dari objek-objek, seperti mainan, perabot, dan makanan, serta objek-objek social seperti diri, Bapak/Ibu dan teman.
a)   Usia SD masuk pada tahap Operasional konkret
b)   Anak mampu berpikir logis
c)   Memahami konsep percakapan
d)   Mengorganisasikan objek ke dalam klasifikasi
e)   Mampu mengingat, memahami dan memecahkan masalah yg bersifat konkret.

PENERAPAN TEORI PIAGET (PEMBELAJARAN)
a)   Gunakan benda-benda konkret
b)   Gunakan alat visual, mis. : transparansi
c)   Gunakan contoh- contoh yang akrab dengan anak, dari sederhana menuju yang kompleks.
d)   Penyajian yg padat dan terorganisasi.
e)   Latihan memecahkan masalah secara konkret

PERKEMBANGAN FISIK
a)   Pertumbuhan fisik ditandai dengan : lebih tinggi, berat, dan kuat. Peran gizi penting.
b)   Perubahan pada sistem tulang, otot dan keterampilan gerak : berlari, memanjat, melompat, berenang, naik sepeda, main sepatu roda.
c)   Kegiatan fisik sangat perlu untuk melatih koordinasi dan kestabilan tubuh dan energi yang tertumpuk perlu penyaluran.

PERKEMBANGAN BAHASA
a)   Bertambahnya kosa kata akan memperkaya perbendaharaan kata
b)   Menghubungkan kalimat yang satu dengan yang lain dan menghasilkan deskripsi serta narasi cerita
c)   Keahlian membaca mulai berkembang
d)   Anak perempuan berbicara lebih banyak daripada laki-laki

PERKEMBANGAN MORAL
a)   Kemampuan anak memahami aturan, norma dan etika di masyarakat.
b)   Perilaku moral banyak dipengaruhi pola asuh ortu & perilaku moral orang sekitar .
c)   Bermain dengan teman sebaya merupakan sarana untuk mengembangkan moralitas

KEGIATAN BERMAIN
a)   Kegiatan sekolah mengurangi waktu bermain daripada masa sebelumnya.
b)   Ditunjang dengan : TV, radio dan buku bacaan.
c)   Bermain kelompok lebih disukai karena banyak memberikan pengalaman berharga.
d)   Bermain kelompok lainnya seperti permainan olah raga : basket, volley, sepak bola.
e)   Permainan konstruktif melatih kreativitas anak.

TEMAN SEBAYA
a)   Pada umumnya teman sekolah dan teman di luar sekolah.
b)   Pengaruh positif : pengembangan konsep diri & pembentukan harga diri; negatif : membolos,merokok, mencuri , dll
c)   Integritas, keterikatan dalam kelompok tinggi.
d)   Keinginan untuk selalu bersama-sama mendorong anak ke luar rumah sepulang sekolah.
e)   Kegiatan bersama : belajar, bermain, masak-memasak, melihat pertunjukan.

TEMAN SEBAYA
1.   Populer : disukai, memberikan semangat, mendengar kan, bahagia, peduli, percaya diri tetapi tidak sombong.
2.   Tidak populer, dibedakan :
·         Diabaikan : jarang dinominasikan sbg terbaik tapi bukan tidak disukai, tidak punya teman akrab, tetapi tidak dibenci.
·         Ditolak : jarang dinominasikan sbg terbaik & tidak disukai, agresif, sok kuasa, mengganggu proses problem  penyesuaian diri.
·         Kontroversi : sering dinominasikan sebagai teman terbaik tetapi juga teman yg tidak disukai.


TUGAS PERKEMBANGAN
1.   Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan
2.   Belajar membentuk sikap positif yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhuk biologis (dapat merawat kebersihan dan kesehatan diri)
3.   Belajar bergaul dengan teman sebaya
4.   Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
5.   Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
6.   Belajar mengembangkan konsep (agama, ilmu pengetahuan, adat istiadat) sehari-hari
7.   Belajar mengembangkan kata hati (pemahaman tentang salah-benar, baik-buruk)
8.   Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi (bersikap mandiri)
9.   Belajar mengembangkan sikap positif terhadap kehidupan sosial
10.      Mengenal dan mengamalkan ajaran agama sehari-hari

Sumber : 
http://staff.uny.ac.id/

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap