Kenali karakteristik anak usia MI/SD (7-12 Tahun)
MASA SEKOLAH DASAR
1. Masa kelas-kelas
rendah Sekolah Dasar yang
berlangsung
antara usia 6/7 tahun – 9/10 tahun, biasanya mereka duduk di kelas 1, 2 dan 3
2. Masa kelas-kelas
tinggi Sekolah Dasar, yang
CIRI-CIRI ANAK MASA KELAS RENDAH
a) Ada hubungan yang
kuat antara keadaan jasmani dan prestasi sekolah
b) Suka memuji diri
sendiri
c) Kalau tidak dapat
menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, tugas atau pekerjaan itu dianggapnya
tidak penting.
d) Suka membandingkan
dirinya dengan anak lain, jika hal itu menguntungkan dirinya.
e) Suka meremehkan orang
lain.
CIRI KHAS ANAK MASA KELAS TINGGI
a) Perhatiannya tertuju
kepada kehidupan praktis sehari-hari
b) Ingin tahu, ingin
belajar dan realistis
c) Timbul minat kepada
pelajaran-pelajaran khusus
d) Anak memandang nilai
sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajarnya di sekolah
e) Anak-anak suka
membentuk kelompok sebaya atau peergroup untuk bermain bersama, mereka membuat
peraturan sendiri dalam kelompoknya
PERKEMBANGAN KOGNITIF
Menurut
Piaget, perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori
yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan dan menginterpretasikan
objek dan kejadian-kejadian disekitarnya. Bagaimana anak mempelajari ciri-ciri
dan fungsi dari objek-objek, seperti mainan, perabot, dan makanan, serta
objek-objek social seperti diri, Bapak/Ibu dan teman.
a) Usia SD masuk pada
tahap Operasional konkret
b) Anak mampu berpikir
logis
c) Memahami konsep
percakapan
d) Mengorganisasikan objek
ke dalam klasifikasi
e) Mampu mengingat,
memahami dan memecahkan masalah yg bersifat konkret.
PENERAPAN TEORI PIAGET (PEMBELAJARAN)
a) Gunakan benda-benda
konkret
b) Gunakan alat visual,
mis. : transparansi
c) Gunakan contoh-
contoh yang akrab dengan anak, dari sederhana menuju yang kompleks.
d) Penyajian yg padat
dan terorganisasi.
e) Latihan memecahkan
masalah secara konkret
PERKEMBANGAN FISIK
a) Pertumbuhan fisik
ditandai dengan : lebih tinggi, berat, dan kuat. Peran gizi penting.
b) Perubahan pada sistem
tulang, otot dan keterampilan gerak : berlari, memanjat, melompat, berenang,
naik sepeda, main sepatu roda.
c) Kegiatan fisik sangat
perlu untuk melatih koordinasi dan kestabilan tubuh dan energi yang tertumpuk perlu
penyaluran.
PERKEMBANGAN BAHASA
a) Bertambahnya kosa
kata akan memperkaya perbendaharaan kata
b) Menghubungkan kalimat
yang satu dengan yang lain dan menghasilkan deskripsi serta narasi cerita
c) Keahlian membaca
mulai berkembang
d) Anak perempuan
berbicara lebih banyak daripada laki-laki
PERKEMBANGAN MORAL
a) Kemampuan anak
memahami aturan, norma dan etika di masyarakat.
b) Perilaku moral banyak
dipengaruhi pola asuh ortu & perilaku moral orang sekitar .
c) Bermain dengan teman
sebaya merupakan sarana untuk mengembangkan moralitas
KEGIATAN BERMAIN
a) Kegiatan sekolah
mengurangi waktu bermain daripada masa sebelumnya.
b) Ditunjang dengan :
TV, radio dan buku bacaan.
c) Bermain kelompok
lebih disukai karena banyak memberikan pengalaman berharga.
d) Bermain kelompok
lainnya seperti permainan olah raga : basket, volley, sepak bola.
e) Permainan konstruktif
melatih kreativitas anak.
TEMAN SEBAYA
a) Pada umumnya teman
sekolah dan teman di luar sekolah.
b) Pengaruh positif :
pengembangan konsep diri & pembentukan harga diri; negatif :
membolos,merokok, mencuri , dll
c) Integritas,
keterikatan dalam kelompok tinggi.
d) Keinginan untuk
selalu bersama-sama mendorong anak ke luar rumah sepulang sekolah.
e) Kegiatan bersama :
belajar, bermain, masak-memasak, melihat pertunjukan.
TEMAN SEBAYA
1. Populer : disukai,
memberikan semangat, mendengar kan, bahagia, peduli, percaya diri tetapi tidak
sombong.
2. Tidak populer,
dibedakan :
·
Diabaikan
: jarang dinominasikan sbg terbaik tapi bukan tidak disukai, tidak punya teman
akrab, tetapi tidak dibenci.
·
Ditolak
: jarang dinominasikan sbg terbaik & tidak disukai, agresif, sok kuasa,
mengganggu proses problem penyesuaian
diri.
·
Kontroversi
: sering dinominasikan sebagai teman terbaik tetapi juga teman yg tidak
disukai.
TUGAS PERKEMBANGAN
1. Belajar memperoleh
keterampilan fisik untuk melakukan permainan
2. Belajar membentuk
sikap positif yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhuk biologis
(dapat merawat kebersihan dan kesehatan diri)
3. Belajar bergaul
dengan teman sebaya
4. Belajar memainkan
peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
5. Belajar keterampilan dasar
dalam membaca, menulis, dan berhitung
6. Belajar mengembangkan
konsep (agama, ilmu pengetahuan, adat istiadat) sehari-hari
7. Belajar mengembangkan
kata hati (pemahaman tentang salah-benar, baik-buruk)
8. Belajar memperoleh
kebebasan yang bersifat pribadi (bersikap mandiri)
9. Belajar mengembangkan
sikap positif terhadap kehidupan sosial
10. Mengenal dan
mengamalkan ajaran agama sehari-hari
http://staff.uny.ac.id/
Comments
Post a Comment