Ritual Sungkem Kepada Orang Tua menjelang Ujian Nasional


Ritual Sungkem Kepada Orang Tua menjelang Ujian Nasional

Ujian Nasional memang bukan lagi sebagai penentu sebuah kelulusan siswa, namun Ujian Nasional tetap memberikan sensasi tersendiri bagi kalangan orang tua dan siswa, sehingga berbagai persiapan dilakukan untuk dapat meraih hasil yang maksimal. 'ritual' atau kebiasaan yang dipercaya bisa memperlancar proses ujian pun di jalankan, salah satunya yang sudah jadi tradisi di MI Roudlotul Mubtadiin Mojotengah adalah Sungkem meminta maaf kepada orang tua.

Tidak cukup bagi peserta Ujian Nasional dengan pemberian materi UN saja.  motivasi, semangat belajar serta Do’a dari orang tua tentunya. Karena ridho dan Do’a orang tua merupakan kunci kesuksesan anak.
“Anak-anak yang sukses tanpa ridho orang tua, bisa jadi kesuksesannya kurang berkah. Oleh karena itu, sungkem kepada orang tua menjadi tradisi di MI Roudlotul Mubtadiin Mojotengah Gresik, mengingat kejadian seperti itu jarang terjadi di rumah, orang tua sibuk dengan pekerjaannya, begitupun anaknya,”
Dukungan dan doa restu orangtua menjadi formula mujarab bagi anak didik di sekolah. Banyak kendala ketika para murid menghadapi Ujian Nasional, masalah dengan teman, guru dan orangtua. Hal-hal seperti itu secara tidak langsung akan menghambat proses siswa dalam menghadapi ujian nasional.
Kegiatan sungkem kepada orang tua itu dilaksanakan untuk penguatan kepribadian mental siswa, dalam menjalankan ujian nasional. Diawali salat Dhuha berjamaah bersama-sama guru dan wali murid kemudian istighosah, selanjutnya siswa bersalaman meminta maaf atas salah dan dosa mereka kepada orang tua dan guru selama sekolah.
Suasana mengharukan diiringi isak tangis saat siswa-siswi bersalaman dan berpelukan dengan orang tua serta guru untuk meminta maaf. "Kegiatan ini untuk memberikan kelancaran dan membuka pikiran anak saat UN.


Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap