Gerakan literasi sekolah serta manfaatnya dalam pembelajaran

http://madrasahberkah.blogspot.com/
Assalamu'alaikum Bapak/Ibu, jangan lupa bahagia. Sudahkan Bapak/Ibu menanamkan budaya literasi pada peserta didik ? jika masih belum, saatnya bapak/ibu menumbuhkan kecintaan akan literasi pada peserta didik kita.
sesuai dengan program pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan ini bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat. 
mungkin sebagian dari bapak/ibu masih belum mengenal betul akan literasi, oleh karena itu simak pengertian serta tujuan dari literasi tersebut.

Istilah literasi atau dalam bahasa Inggris literacy berasal dari bahasa Latin literatus, yang berarti "a learned person" atau orang yang belajar. Dalam bahasa Latin juga dikenal dengan istilah littera (huruf) yang artinya melibatkan penguasaan sistem-sistem tulisan dan konvensi-konvensi yang menyertainya.

dengan kata lain literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan bahasa tulis dan lisan, pengetahuan tentang genre dan kultural.

VIDEO SINGKAT TENTANG GLS




TUJUAN UMUM
Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

TUJUAN KHUSUS
  1. Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah 
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca
PRINSIP-PRINSIP LITERASI SEKOLAH
  1. Sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik berdasarkan karakteristiknya
  2. Dilaksanakan secara berimbang, menggunakan berbagai ragam teks dan memperhatikan kebutuhan peserta didik
  3. Berlangsung secara terintegrasi dan holistik di semua area kurikulum
  4. Kegiatan literasi dilakukan secara berkelanjutan
  5. Melibatkan kecakapan berkomunikasi lisan
  6. Mempertimbangkan keberagaman

TAHAPAN PELAKSANAAN GLS
  1. Penumbuhan minat baca melalui kegiatan 15 menit membaca (Permendikbud No. 23 Tahun 2015)
  2. Meningkatkan kemampuan literasi melalui kegiatan menanggapi buku pengayaan
  3. Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: menggunakan buku pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran
PIHAK YANG BERBERAN AKTIF DALAM PROGRAM GLS
http://madrasahberkah.blogspot.com/


Uraian diatas adalah sedikit penjelasan singkat, bila Bapak/Ibu ingin lebih memahami tentang program Gerakan Literasi Sekolah bapak/ibu bisa membacanya sendiri 
Akhir kata, semoga gambaran singkat tentang Program Gerakan Literasi Sekolah tadi bisa menambah wawasan kita dan mengaplikasikannya di lingkungan sekolah Bapak/Ibu. sekian terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap