3 aplikasi dasar komputer untuk Guru profesional

https://madrasahberkah.blogspot.co.id/


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Jangan lupa bahagia. Ketika ditanya apakah Bapak/Ibu sudah memiliki komputer, pasti kebanyaakan Bapak/Ibu menjawab sudah punya.
tapi ketika disinggung pertanyaan selanjutnya, apakah Bapak/Ibu sudah bisa mengoprasikan Komputer ? kebanyakan Bapak/Ibu menjawab belum tapi itu hanya segelentir, kenapa saya mengatakan segelintir karena Bapak/Ibu guru saya yakin sudah profesional semua. 


Dengan berkembangnya zaman mau tidak mau guru profesional harus bisa dan mampu untuk mengoprasikan komputer, Anda belum bisa disebut profesional kalau kemampuan TIK nya lemah. Karenanya segera upgrade kemampuan TIK anda untuk menjadi Guru yang lebih profesional. Tidak perlu semua aplikasi komputer dikuasai, tapi ada beberapa aplikasi komputer yang harus dikuasai untuk menunjang kerja Guru. Aplikasi komputer apa saja itu? 
langsung saja pada topik pembahasan tentang 3 Aplikasi dasar yang harus Bapak/Ibu kuasai atau minimal bisa mengoprasikan. 


word, excell, power point

1. Aplikasi Microsoft Word
Anda boleh menguasai aplikasi canggih apapun, tapi kemampuan menggunakan aplikasi ini jangan dilewatkan. Setidaknya anda harus menguasai tools-tools untuk menunjang proses membuat dokumen seperti RPP, dan kelengkapan administrasi Guru lainnya. Untuk membuat naskah soal, dan pekerjaan pembuatan dokumen lainnya. 

2. Aplikasi Microsoft Excel
Berikutnya adalah aplikasi pengolah angka, ini juga sangat penting dikuasai Guru. Dengan aplikasi ini guru bisa dengan mudah membuat analisis soal, perhitungan statistik, dan lain sebagainya yang memerlukan otomasi perhitungan. Dengan aplikasi ini guru hanya tinggal menempatkan rumus pada cell tertentu untuk kemudian dieksekusi sesuai kebutuhan fungsi. yang masih dalam taraf belajar seperti madrasah berkah tinggal googling aja banyak tutorial berserakan , tinggal mencoba dan mempraktikannya langsung.
3. Aplikasi Microsoft PowerPoint
Ketika Bapak/Ibu mengikuti seminar, biasanya para mentor membuat presentasi didepan para Bapak/Ibu guru. Agar tidak membosankan maka para mentor biasanya kreatif membuatkan Bapak/Ibu tampilan slide yang ditampilkan didepan. tujuannya selain agar tidak membosankan, disisi lain agar mudah diingat karena divisualkan berupa tulisan dan gambar. bagaimana tentunya pasti ingin mempelajarinyakan.
Demikian posting kali ini tentang 3 aplikasi dasar komputer untuk Guru profesional, semoga bermanfaat dan bisa memotivasi untuk mau belajar ilmu komputer. mungkin itu adalah aplikasi dasar yang harus bapak/ibu kuasai namun tidak ada salahnya dengan menambahi aplikasi yang lain yang bisa menambah produktifitas dan keprofesionalan bapak/ibu. Terima kasih

Comments

  1. corel draw adbe ai......apa bukan termasuk dasar dari profesional teacher computing

    ReplyDelete
  2. yang termasuk dasar adalah Word, Excell minimal itu yang harus dikuasai oleh guru gunannya untuk penyusunan Administrasinya. untuk Corel dkk itu hanya pelengkap

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap