Cara mengatasi pesan error pada aplikasi Emis Pendis secara mandiri

Kali ini Madrasah Berkah akan membagikan cara megatasi pesan error pada aplikasi dekstop secara mandiri, Operator Madrasah setiap semester menginput data Madrasah kedalam Aplikasi Desktop EMIS Pendis. Ketika melakukan input data di Aplikasi Desktop sering ditemukan permasalahan.
Dan terkadang Operator Madrasah menyerah begitu saja karena tidak mau dipusingkan dengan hal yang tidak diketahui penyebab dan solusinya.
 
salah satu contoh permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis  : 
Unhandled exception has occured in your aplication.
Pesan error pada aplikasi dekstop Emis Pendis
Hal ini diakibatkan, memory yang “terkuras” akibat beberapa hal, antara lain berjalannya beberapa aplikasi secara bersamaan, atau juga bisa diakibatkan oleh antivirus/firewall yang bekerja, atau bisa juga di sebabkan oleh virus yang “memakan” memory.
Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja.


Jika dasarnya tidak mempunyai rasa penasaran bagaimana cara mengatasi semua permasalahan tersebut, maka banyak Operator Madrasah yang menyerah ditengah jalan. Umumnya mereka yang menyerah akan menyuruh Operator Madrasah lain untuk mengerjakan atau menyelesaikan input datanya. 
Dengan cara begitu memang input data Madrasah akan selesai. Namun menurut saya itu bukan cara yang efektif. Karena sampai kapanpun Operator Madrasah tidak akan mampu dan bisa menyelesaikan sendiri input data Madrasahnya.
Sebelum membahas mengatasi masalah error yang muncul , perlu diketahui juga bahwa persiapan untuk menjalankan Aplikasi Desktop EMIS Pendis adalah sebagai berikut :
  1. Untuk menjalankan Aplikasi Desktop EMIS Pendis, minimum Requirment System Framework adalah Microsoft .NET FrameWork 3.5; 
  2. Ketika melakukan input data di file Excel, maka Microsoft Office yang disarankan adalah versi 2007. Itupun khusus untuk Windows Operasi Sistem 32bit / 86bit. Dan untuk Windows Operasi Sistem 64bit maka sebaiknya menggunakan Microsoft Office 2010. Windows Operasi Sistem 64bit juga bisa menggunakan Microsoft Office 2007 asal telah menginstall Microsoft Access Driver 2010 untuk Windows 64bit. 
  3. Sebelum menjalankan Aplikasi Desktop, Operator Madrasah harus merubah Format Region dan Language Windows menjadi English (United States). 
Ketika Operator Madrasah menemukan permasalahan sebaiknya jangan dulu menyerah. Jadilah Operator Madrasah yang cerdas dan kritis. Coba cari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di mbah Google.
Setiap permasalahank dalam mengerjakan input data di Aplikasi Desktop tidak di bahas secara rinci disini. Karena terlalu banyak pembahasan dan harus didukung dengan gambar.
oleh karena itu Madrasah Berkah memberikannya dalam bentuk Power Point, yang bisa diambil dan dijadikan panduan dalam mengatasi permasalah tersebut.
panduannya mengatasi pesan error tersebut dapat anda dapatkan disini.
" Panduan mengatasi pesan error secara mandiri "
semoga bisa membantu dan memudahkan anda dalam mengerjakan Aplikasi Dekstop Emis Pendis dengan Nyaman, Aman dan tentunya menyenangkan. terima kasih
 

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap