Cara screenshot satu halaman penuh

cara screenshot satu halaman penuh

Kali ini Madrasah Berkah akan membahas Trik Cara screenshot satu halaman penuh guna melengkapi pemberkasan S29 dalam Simpatika. sebelum membahas itu kita harus tahu dulu apa itu Screenshot.
Screenshot adalah cara termudah yang sering kita lakukan untuk mengambil gambar dari tampilan komputer atau perangkat lain seperti smartphonet. Jika anda menggunakan komputer dengan menggunakan tombol “Prt Scrn” atau yang sering di sebut print screen untuk mengambil media yang tampak di layar untuk dijadikan gambar. Jika mengambil screenshot sebuah halaman web di browser menggunakan print screen tentunya mengalami kendala yaitu hasil yang ditangkap hanya sebatas yang terlihat di layar saja, dan bagian lain yang tak terlihat tidak dapat tertangkap. Lalu bagaimana cara untuk mengambil screenshot secara satu halaman penuh? jawabanya adalah dengan menggunakan add ons.ada banyak add ons yang bisa kita gunakan yang dapat kita terapkan dalam browser seperti google chrome dan firefox diantaranya yaitu :

Screengrab
Cara Menggunakan Screengrab
  1. Download lalu install terlebih dahulu Screengrab Chrome atau Mozilla Firefox. 
  2. Kemudian restart browser anda. 
  3. Silahkan pilih halaman web/blog yang akan anda ambil screenshot-nya. 
  4. Klik kanan dan pilih ScreenGrab 
  5. Pilih Save dan Pilih Complate Page/Frame. 
  6. Cari lokasi penyimpanan dan klik Save. 

Awesome Screenshot
Cara Menggunakan Awesome Screenshot
  1. Download dan install addons atau extension awesome screenshot Chrome atau Mozilla Firefox
  2. Silahkan pilih halaman website yang ingin anda ambil screenshotnya, dan setelah halaman website terbuka secara keseluruhan klik pada icon awesome screenshot yang terletak di pojok kanan atas halaman. 
  3. Pilih mode pengambilan layar yang akan anda ambil, apakah anda hanya akan mengambil bagian halaman website yang terlihat atau keseluruhan halaman. Anda juga bisa menggunakan shortcut yang disediakan oleh awesome screenshot yaitu CTRL + SHIFT + V untuk mengambil bagian halaman website yang terlihat atau CTRL + SHIFT + E untuk mengambil gambar keseluruhan halaman dan CTRL + SHIFT + S untuk mengambil area yang kita inginkan. 
  4. Setelah mode pengambilan gambar di-klik, maka hasil “tangkapan” akan terbuka di tab baru. 
  5. Cari lokasi penyimpanan dan klik Save.
Fireshot
Langkah Menggunakan Fireshot :
  1. Install add ons Fireshot  Chrome atau Mozilla Firefox
  2. Setelah selesai melakukan instalasi, silahkan lakukan restart pada browser. 
  3. Setelah itu maka akan muncul icon S dipojok kanan atas halaman 
  4. Silahkan siapkan halaman yang mau anda ambil untuk screenshot. 
  5. Tekan tanda panah disebelah kanan icon S tersebut. Dan anda akan di beri 3 pilihan untuk digunakan. Capture Visible area digunakan untuk mengambil screenshot di area yang terlihat saja,Capture Selected Area digunakan untuk mengambil screenshot untuk object yang anda tandai, dan Capture Entire Page digunakan untuk mengambil seluruh halaman sekaligus.  
  6. Setelah Anda memilih dari salah satu menu yang saya jelaskan diatas, silahkan save. Terdapat 4 format yang bisa anda pilih untuk menyimpan gambar hasil screenshot tersebut, ada .png .jpg. gif .bmp dan .pdf 
atau apabila anda tidak ingin menggunakan add ons anda bisa menggunakan kombinasi shortcut keyboard saja dan anda akan disuguhi banyak pilihan, untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut :

screenshot tombol kombinasi Shift+F2

Cara untuk screenshot semua halaman web
  • Tekan tombol : Shift+F2
  • Lalu ketik : screenshot –fullpage
  • Kemudian : Enter
Cara untuk screenshot mengcupture halaman web yang tampil saja
  • Tekan tombol : Shift+F2
  • Lalu ketik : screenshot —chrome
  • Kemudian : Enter
Cara ScreenShot Fullpage Web Di Firefox Tanpa Addon – Hasilnya akan tersimpan di folder download

semoga dapat memudahkan anda dalam menyelesaikan pemenuhan pemberkasan S29 di Simpatika atau memang ada tugas sekolah yang anda diharuskan untuk mengambil gambar penuh sebuah web. Untuk pilihan terserah anda mana yang mudah menurut anda.
jika anda mengalami kendala atau memiliki cara yang lain bisa saling sharing dikololm komentar. terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap