Apa yang baru di Emis Pendis Reborn

Emis Pendis

Pada kali ini Madrasah Berkah akan mencoba mengulas sedikit tentang apa saja menu baru yang akan dimunculkan dalam Emis Reborn seperti :

  • Beranda
  • Aplikasi Pengelola Data Pendidikan Islam
  • Aplikasi Pendataan Madrasah/Pontren/PAI
  • Aplikasi PTKI
  • Statistik Madrasah TP 2015/2016
  • Statistik Madrasah TP 2014/2015
  • Statistik PTKI

Emis Pendis akan semakin meningkatkan kinerja sistemnya, mulai dari penambahan variabel pendataan sampai dengan rencana integrasi dan sinkoronisasi dengan program sistem pendidikan lain seperti Simpatika, Emis UN, Dapodik, dan verval pd. terdengar kabar juga Emis Pendis akan membangun EMIS BOS sebuah sistem informasi untuk manajemen pengelolaan penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sejarah Singkat EMIS Pendis
Emis Pendis Merupakan pusat pendataan Pendidikan Islam (satu pintu) yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program Pendis Sistem Informasi Pendidikan Islam EMIS akan memperbarui sistemnya pertengahan tahun ini.
Education Management Information System. EMIS diawali dari proyek ADB yaitu JSEP-ADB loan thn 1994-1998. Kemudian berlanjut tahun 1998 menjadi BEP-DMAP. Sejak tahun 2001, EMIS masuk ke dalam struktur Ditjen Bagais. Dan sekarang merupakan bagian dari Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam khususnya Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi pada Subbag Sistem Informasi.
Langkah pembaharuan Sistem ini disambut gembira oleh semua pihak dilingkungan pendis. Karena semakin meningkatnya komunikasi data melalui sistem informasi akan semakin membuat data tersebut akurat dan tepat.
Dengan semakin meningkatnya kualitas sistem yang dibangun tentunya para operator juga harus meningkatkan kualitas data yang dikirim melalui sistem informasi Emis. Data yang diisikan harus benar-benar sesuai dengan kenyataan dan tidak boleh salah. begitu juga sebaliknya sang empuh Emis juga harus memberikan form Excell yang sesuai dengan yang ada diaplikasi Emis online biar ketika upload online tidak kerja dua kali sehingga lebih maksimal.


EMIS Akan Terintegrasi dengan Simpatika

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sistem pendataan secara online maupun offline yang sudah dikembangkan di madrasah selama ini adalah melalui Emis Pendis dan Simpatika. Untuk membangun kebijakan/regulasi berbasis data yang akurat, uptodate dan akuntabel, maka Kementerian Agama telah membangun dan mengembangkan sistem pendataan Emis Pendis maupun Simpatika yang terpadu dan terintegrasi sebagaimana gambar yang ada di bawah ini :

EMIS Akan Terintegrasi dengan Simpatika

NB : Kita lihat saja kapan ini akan terealisasi

Dilihat dari tampilan yang baru, penampakan Emis Pendis akan lebih santai dengan tampilan minimalis namun elegan dan enak dipandang mata. seperti penampakan di halaman depan (homepage) situs Emis Pendis. Disitu tampilan situs emis sudah mulai berubah dari biasanya. dan juga menampilkan sebuah tulisan EMIS Reborn. kira kira dengan istilah reborn ini akankah Emis akan lebih baik dan maksimal sesuai dengan motto terbarunya :

Dengan semangat "satu pintu", kita wujudkan data pendidikan islam 100% valid
Untuk sementara Menu Emis yang sering kita pakai adalah sebagai berikut :
1. Pengelolaan Tenaga Pendataan 

Pengelolaan Tenaga Pendataan

2. Untuk Upload data backup Dekstop Emis

EmisPendis

3. Verval CAPESUN

Verval CAPESUN


kita tunggu saja kelanjutan dari perubahan dalam sistem Emis Reborn ini yang semakin menarik untuk disimak kabar terbarunya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap