Fungsi NSM (Nomor Statistik Madrasah) dalam EmisPendis

Aplikasi Desktop EmisPendis

Nomor  Statistik Lembaga Pendidikan  Islam merupakan  serangkaian  angka-angka  yang membentuk  suatu  kesatuan  utuh  sehingga  dapat  dijadikan  sebagai  identitas  yang  unik  dari sebuah lembaga pendidikan Islam yang berada di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam,  Departemen  Agama. 
Fungsi  utama  dari  nomor  statistik  ini  adalah  sebagai  identitas pembeda  antara  satu  lembaga  pendidikan  Islam  dengan lembaga  lainnya.  Secara  umum, sistematika penyusunan Nomor Statistik Lembaga Pendidikan Islam dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu: 
  1. Lembaga Pendidikan Umum Berciri Khas Islam Formal dan Pendidikan Diniyah 
  2. Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren  
untuk lebih jelasnya, anda luangkan sejenak waktu untuk membaca  
Buku panduan penyusunan nomor statistik lembaga pendidikan Islam.
Secara Garis besar tujuan NSM (Nomor Statistik Madrasah) adalah :

  • Meningkatkan  tata  kelola  dan  tertib  administrasi  bagi  lembaga-lembaga  pendidikan
  • Islam secara nasional.
  • Membedakan antara satu lembaga pendidikan Islam dengan lembaga lainnya.
  • Memudahkan dalam pengelolaan database lembaga pendidikan Islam.
  • Memudahkan dalam pemeriksaan peta lokasi suatu lembaga pendidikan Islam.

Namun kali ini tidak akan membahas panjang lebar tentang penyusunan NSM, untuk lebih rincinya anda bisa membaca sendiri di puku panduan yang sudah diberikan diatas tadi.

Kali ini Madrasah berkah akan memberikan data NSM seluruh Indonesia, terkhusus bagi Operator Emispendis ketika akan upload data Excell mulai dari personal, detail siswa, data lembaga. anda akan dipertemukan dengan yang namanya Apliaksi Desktop Emispendis.  

baca juga : Cara unduh aplikasi Desktop EmisPendis yang benar

dalam aplikasi tersebut anda dimintai NSM sekolah sebagai user namenya untuk bisa masuk dan mengupload file Excell tersebut. bila anda tidak menyimpan file NSM tersebut atau lupa anda dapat mendownload Nomor Statistik Madrasah (NSM) seluruh Indonesia, silahkan download pada tautan yang tersedia di bawah ini :
NSM Madrasah Ibtidaiyah
NSM Madrasah Tsanawiyah   
NSM Madrasah Aliyah  
Demikian informasi data NSM untuk dijadikan pengisian user dalam aplikasi desktop EmisPendis bagi anda yang ketepatan lupa atau untuk simpanan file di komputer anda. untuk password saya kira Operator lembaga sudah hafal semua. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.bila ada sesuatu yang kurang difahami jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap