Sudahkan Operator Sekolah Sejahtera ?

Operator Sekolah
Assalamu'alaikum Wr. Wb, Jangan lupa bahagia. sebentar lagi tugas Operator Sekolah untuk semester ini akan berakhir dengan terbitnya S29e, dan PTK/Guru akan menikmati hasilnya. yang jadi pertanyaan adalah sudahkan operator sekolah sejahtera ? 
Tidak dipungkiri, memang banyak operator sekolah yang mendapati nasib baik yaitu ditempatkan di sekolah yang notabene kepala sekolah dan guru-guru memberikan perhatian atau empati lebih. Misal memberi komisi setiap selesai mengerjakan pekerjaan guru. Apalagia kalau masa dana sertifikasi turun maka guru-guru akan mengeluarkan sedikit dan dikumpulkan yang kemudian diberikan kepada opertor sekolah. Namun sayang itu tidak berlaku di semua sekolah, karena hal tersebut kembali lagi kepada nurani masing-masing kepala sekolah dan guru. 
sebelum melangkah lebih jauh tentang masalah kesejahteraan Operator Sekolah mari kita lihat dulu syarat dan fungsi dari Operator :

Syarat Menjadi Operator Sekolah : 
1. Operator harus memahami laptop
Sebagai seorang operator sebaiknya kita mengerti tentang komputer dan laptop. Minimal kita mengetahui bagaimana cara menggunakan menghidupkan dan mematikan laptop dengan baik. Selain itu mereka juga harus memahami bagaimana membuka dan menutup aplikasi dengan baik. Namun permasalahan tersebut dapat kita atasi jika kita menjadi opetator karena keadaan yang memaksa. Bahkan tidak sedikit kita temukan seorang operator yang mulai memahami laptop ketika mereka telah ditunjuk sebagai operator sekolah.
2. Operator adalah seorang guru di sekolah tersebut
Berdasarkan pernyataan dari operator dapodik pusat, yang mengatakan bahwa "Operator adalah Pendidik yang mengajar di sekolah tersebut dan ditunjuk sebagai operator". Operator sekolah merupakan seorang pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan meliputi guru maupaun staff Tata Usaha (TU). Jadi operator sesungguhnya bukan berasal dari seseorang yang hanya memahami dibidang komputer, akan tetapi operator adalah guru meskipun ia tidak memahami laptop dengan baik.
3. Operator harus memiliki SK
Seorang guru yang telah ditunjuk sebagai operator akan dikeluarkan SK sebagai operator. SK ini ditandatangani dan diketahui oleh kepala sekolah masing-masing. Lalu bagaimana dengan penghitungan jam sebagai operator?
Seorang operator juga memiliki waktu yang banyak untuk mengerjakan pendataan jika dibandingkan dengan jumlah jam mengajar di sekolah. Namun, kementerian pendidikan dan kebudayaan belum mengeluarkan pernyataan tentang penghitungan jumlah jam mengajar di sekolahnya. Semoga kementerian pendidikan pendidikan dan kebudayaan akan segera mengeluarkan kebijakan tentang permasalahan tersebut. Sebenarnya Dasar Hukum tentang Tenaga Administasi sudah tertuang dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2008. Namun, nyatanya Permendikbud ini sampai sekarang hanya dipandang sebelah mata, terlebih yang berada di jenjang Sekolah Dasar.
Fungsi dan Tugas Operator Sekolah :
  1. Menginput data sekolah, baik profil sekolah, peserta didik, kondisi sekolah, keuangan sekolah maupun pegawai dan tenaga kependidikan. 
  2. Memperbaiki data yang salah atau belum benar, serta memastikan kebenaran data yang akan dikirim
  3. Menjaga perangkat/ inventaris sekolah yang berhubungan dengan pengolahan data sekolah (laptop/dekstop, modem) serta lainnya yang berhubungam dengan pengolahan data sekolah.
  4. Merahasiakan akun serta pasrword yang berhubungan dengan akun-akun sekolah 
  5. Bertanggung jawab kepada atasan (kepala sekolah) dalam hal data
Setelah syarat dan fungsi Operator sudah dijelaskan sekarang kita ke topik pembahasan diatas, Sudahkan Operator Sekolah Sejahtera ? 
Mengutip perkataan Pribowo Putro MM, Kasubang Umum Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dalam Rekornas Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) mengatakan :
Guru untuk kesejahteraannya mendapatkan sertifikasi. padahal yang memperjuangkan guru sertifikasi, yakni para Operator Sekolah yang notabene pejuang data hanya bisa gigit jari, ibarat guru setelah sertifikasi beli motor, Operator hanya bisa beli sumbu kompor.
" Selama ini Operator Sekolah terlupakan kesejahteraannya. Ada anggapan, kalau pendidikan hanya identik dengan guru, padahal di balik guru, soal data pendidikan selama ini yang mengerjakan para Operator Sekolah, ucapnya"
Menjadi seorang operator sekolah memang bukan perkara mudah. Perlu daya juang, semangat dan mental pantang menyerah. Tidak suka mengeluh, suka stres dan lain-lain sebagainya. Hanya karena tidak ada honor yang mencukupi, perhatian yang lebih dari pemerintah atau sekolah, Operator Sekolah menjadi malas-malasan. Perlu kita ingat, lebih banyak rizqi dari pada gaji. 
Banyak diantara kita sebelum menjadi operator sekolah, tidak mengenal istilah web /blog. Namun karena seringnya berhubungan dengan dunia maya menjadi familier dengan istilah web/blog. Apalagi kita tahu, kalau blog dapat menghasilkan uang bahkan lebih besar dari gaji PNS. (namun tidak mudah butuh perjuangan).

        baca juga : 5 langkah mudah membuat blog gratis 

Mungkin itu luapan emosi atau unek-unek, dari pada jadi beban mending dituliskan. bila ada tambahan atau hal yang membuat anda masih kurang puas silahkan masukkan dalam kolom komentar. Semoga rezeki yang banyak dan barokah selalu menanti. Amiiin 

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap