Cara mengatasi anak malas belajar ?


Cara mengatasi anak malas belajar


Apakah anak Anda malas belajar? Apakah Anda mengetahui cara mengatasi anak malas? Ingat! belajar merupakan salah satu kegiatan anak yang bermanfaat untuk memperluas wawasan, mengenal keterampilan anak. Jika anak Anda terlihat kurang bergairah dalam belajar, maka Anda atau guru harus berfikir kreatif untuk memancing gairah dia dalam belajar. Salah satunya sedangan mengganti suasana belajarnya.

Berikut 4 tempat belajar yang Anda harus ketahui untuk merubah suasana belajar anak:

1.   Belajar di rumah
Jika anak Anda belajar di rumah hubungan antara keluarga dan anak akan lebih dekat. Bapak/Ibu bertugas membimbing dan memantau anak Anda ketika belajar, anak harus fokus pelajaran dan dapat manajemen waktu untuk istirahat.

2.   Belajar di tempat formal (sekolah)
Sekolah adalah tempat belajar yang terstruktur dengan tingkatan jenjang tertentu. Di Indonesia belajar secara formal diwajibkan untuk anak hingga SMA.

3.   Belajar di tempat informal (kursus, seminar, workshop)
Belajar secara informal biasanya untuk memperkuat pelajaran formal di sekolah. Selain itu bisa juga untuk mengasah kemampuan anak yang tidak didapatkan di sekolah formal, misalnya: pengetahuan pendalaman tentang piano, gitar, bela diri dan lain sebagainya.

4.   Belajar bisa kapanpun dan dimanapun
Belajar sejatinya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, misalnya anak Anda lebih menyukai tempat alam yang indah, melihat pemandangan, dan lebih mendekatkan kepada lingkungan.

Peranan guru sangat penting sekali untuk mencari solusi atau cara mengatasi anak malas belajar. Dan jangan lupa Anda harus sering berkomunikasi dengan anak, untuk mengetahui kenapa dia malas belajar. Berikut tips cara mengatasi anak malas belajar, antara lain:

1.   Bapak/Ibu atau guru memberi pesan “belajar yang baik dan benar, kenali dan terus berlatih keterampilan yang anak miliki, ajak anak Anda untuk bermimpi dan mewujudkan”. Agar anak berpikir untuk berusaha dan termotivasi menjadi orang lebih baik.
2.   Bapak/Ibu memberikan buku bermanfaat kepada anak agar dia gemar membaca dan belajar. Ajaklah anak untuk berpikir terbuka dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
3.   Anak Anda harus mengenal manajemen waktu. Misalnya terdapat waktu belajar, bermain, istirahat, makan, dan lain-lain
4.   Bapak/Ibu atau guru lebih sering berkomunikasi dengan anak agar menjaga hubungan

Dan masih banyak lagi tips cara mengatasi anak malas belajar, jika Anda ingin menambahkan silahkan komen. Semoga bermanfaat artikel ini, terima kasih.

Sumber : 
http://nuqtoh.com/bagaimana-cara-mengatasi-anak-malas-belajar

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap