#REFLEKSI, perbedaan orang jaman dahulu dengan jaman sekarang

https://madrasahberkah.blogspot.co.id/

Assalamu'alaikum, Jangan lupa bahagia, dengan semakin canggihnya jaman serta beragam alat bantu sebagai penunjang untuk memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari apakah menjamin kenyamanan dan ketentraman hati Bapak/Ibu ?
untuk jawaban tentu relatif ada yang mengatakan enak sekarang ada yang mengatakan enak jaman dulu. oleh karena itu mari sejenak kita refleksi diri dengan membandingkan jaman dahulu dengan jaman sekarang biar Bapak/Ibu nantinya bisa menarik kesimpulannya sendiri.

DALAM HAL KEILMUAN
Kehidupan jaman dahulu
  1. Orang sulit mencari ilmu tapi mudah mengamalkannya. 
  2. Ilmu dikejar, ditulis, dihafal, diamalkan dan diajarkan.
  3. Butuh peras keringat dan banting tulang untuk mendapatkan ilmu.
  4. Ilmu disimpan di dalam hati, selama hati masih normal, ilmu tetap terjaga.
  5. Harus duduk berjam-jam di hadapan guru penuh rasa hormat dan sopan, maka ilmu merasuk bersama keberkahan.
Kehidupan jaman sekarang 
  1. Orang mudah mencari ilmu tapi sulit mengamalkannya.
  2. Ilmu diunduh, disimpan dan dikoleksi, lalu diperdebatkan. 
  3. Cukup peras kuota internet sambil duduk manis ditemani secangkir minuman dan snack.
  4. Ilmu disimpan di dalam smartphone, kalau baterai habis, ilmu tertinggal. Kalau smartphonet rusak, hilanglah ilmu.
  5. Cukup tekan tombol atau layar sambil tidur-tiduran, maka ilmu merasuk bersama kemalasan.
DALAM HAL DUNIAWI
Kehidupan jaman dahulu

  1. Orang tua kita berangkat bekerja setelah matahari terbit & sudah kembali ke rumah sebelum matahari terbenam, walaupun memiliki anak yang banyak. rumah & halaman pun tetap luas. Bahkan tidak sedikit ada yang memiliki kebun dan semua anak-anaknya bersekolah.
  2. Orang tua kita hidup tanpa banyak ALAT BANTU tapi TENANG menjalani hidupnya.

Kehidupan jaman sekarang 

  1. Banyak yg berangkat kerja subuh & sampai rumah setelah isya. Tapi rumah dan tanah yang dimiliki tidak seluas rumah orang tua kita dulu dan bahkan banyak yang takut memiliki anak banyak karena takut kekurangan.
  2. Sekarang dimanjakan dengan beragam ALAT BANTU seperti mesin cuci, kompor gas, Smartphone, Kendaraan, TV, e-mail, aplikasi Sosmed, ruangan ber AC dll. HARUSNYA mempermudah hidup ini. TAPI TERNYATA TIDAKSampai-sampai, tidak sempat kita MENIKMATI HIDUPkarena semuanya dilakukan TERBURU-BURU mulai dari Berangkat kerja,Pulang kerja, Makan siang, Di lampu merah, Berdoa bahkan sholat. Hanya MATI sepertinya tidak seorangpun mau TERBURU-BURU. 
dengan melihat sedikit perbandingan diatas sepertinya ada yang salah dengan cara hidup jaman sekarang. dimana dengan kemudahan yang didapat menjadikan diri kita menjadi orang malas dan tergantung pada alat bantu serta menjadikan orang kurang sabar dan lebih pemarah.
sedangkan pada jaman dahulu. Jaman orang tua kita, karena masih minimnya alat bantu sehingga mereka mengandalkan kemampuan sendiri dengan semboyan "tiada akar rotan pun jadi" mendorong untuk berpikir keras menjadikan mereka lebih kreativ. disamping itu efeknya membuat mereka lebih bersyukur dan sabar dalam menjalani hidup.
kalau orang tua kita jaman dahulu bisa melakukannya kenapa kita tidak bisa. tentu saja kita juga bisa melakukannya, tergantung niat dan kemauan yang keras dalam diri kita.akhir kata, dipenghujung tahun ini. mari kita merefleksi diri menilai kekurangan dan kelebihan yang sudah kita kerjakan di tahun ini. semoga ditahun berikutnya kita bisa lebih baik dan lebih mandiri lagi seperti yang telah dilakukan oleh orang tua kita dahulu.

Semoga menjadi renungan dan membawa manfaat.
Ya Allah bersihkanlah hati kami dengan Kuasa-Mu. Lindungilah rumahkami, keluargakami dan orang-orang tercinta. berilah keberkahan dalam hidup kami. sehingga kemudahan yang akan kami raih. Amiin

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap