5 kesalahan guru yang berakibat fatal [wajib baca]

https://madrasahberkah.blogspot.co.id/

Assalamualaikum Wr. Wb. Jangan lupa bahagia. Pernakah Bapak/Ibu melakukan kesalahan ketika melakukan kegiatan belajar mengajar ? yang namanya manusia tentu tidak luput dari yang namanya kesalahan "Guru juga manusia",
baik itu kita sadari atau tidak. namun alangkah baiknya apabila kita sebagai pendidik memanilisir kesalahan tersebut. Guru adalah aktor utama yang menjadi pemandu kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan adanya guru setidaknya kelas dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan mampu mencapai kesuksesan belajar siswa. Guru yang salah dalam mengajar tentu akan menimbulkan sesuatu yang teramat sangat merugikan bagi siswanya, mereka akan jenuh, frustasi bahkan berakibat tidak fahamnya siswa terhadap semua materi yang diajarkan.
Madrasah Berkah akan memberikan gambaran kepada bapak/ibu cara mengajar yang berakibat fatal pada siswa dan perlu di hindari oleh semua guru. kira-kira apa saja 5 hal tersebut, silahkan simak paparan berikut :

1.Guru Killer
Ingat karena guru merupakan Objek utama usahakan jangan memasang muka SERAM kepada siswa. usahakan untuk terbiasa tersenyum ketika masuk ke ruangan kelas. SENYUM terhadap siswa adalah sesuatu yang penting dan perlu dilakukan oleh seorang guru ketika mengajar di kelas. jika seorang guru dari awal masuk sudah menampakkan muka seram tentu siswa tidak akan nyaman mengikuti pelajaran, oleh karena itu apapun masalah guru jangan dibawa keruang kelas.

2.Guru tidak menguasai materi
untuk point ke 2 ini amat sangat FATAL bila seorang guru tidak menguasai materi yang akan disampaikan didepan siswanya. oleh karena itu penting bagi guru agar semua berjalan lancar dalam mengajar persiapan RPP adalah kuncinya, dengan modal RPP kita akan mengetahui secara benar apa yang akan diajarkan serta menyampaikannya. sehingga ketika didepan siswa kita memang benar-benar siap yang nantinya berdampak kepahaman kepada siswa.

3.Guru Jailangkung (tiba-tiba hilang ketika KBM)
kebiasaan seorang guru yang meninggalkan kelas tanpa ada alasan yang jelas adalah sesuatu yang harus dihindari. Memberikan tugas terlebih dahulu kepada siswa baru kemudian ditinggal pergi dan ketika keluar waktunya sangat lama, sehingga siswa terabaikan. syukur kalau keluarnya adalah untuk kepentingan sekolah atau siswa, tapi bila keluarnya untuk kepentingan pribadi, miriskan.
Ini adalah sesuatu kebiasaan buruk dan mencerminkan sebagai seorang pendidik yang tidak bertanggung jawab. oleh karena itu hindari, bila kita memiliki kebutuhan ketika KBM. izin kepada Kepala Sekolah minimal memberi tahu kepada guru kelas sebelah sehingga siswa tidak terbengkalai.

4.Guru Egois
kenapa kami menamakan guru egois, guru yang dalam mengajarnya lebih mendominankan dirinya sendiri untuk mengajar tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif di kelas, Keadaan seperti ini jelas akan membuat siswa jenuh karena kebebasannya untuk berekspresi terkekang. Terlebih lagi hal ini akan mengakibatkan siswa menjadi pasif dan terbiasa untuk diam pada saat pembelajaran berlangsung.Agar keadaan seperti itu tidak terjadi cobalah ganti gaya mengajar dengan mengaplikasikan metode - metode yang mampu menumbuhkan kesadaran siswa untuk aktif di kelas. 

5. Mengolok siswa didepan kelas
mengolok siswa tidak baik dilakukan oleh seorang guru, terlebih guru adalah panutan. oleh karena itu jangan sekali-kali mengolok siswa. kenapa, dikawatirkan siswa tersebut mentalnya akan terganggu yang mengakibatkan mereka menjadi down. gunakan bahasa yang baik dan santun sehingga siswa akan menjadi nyaman.

itulah 5 hal yang harus dihindari oleh seorang guru. kesimpulannya guru merupakan sebuah profesi mulia meski gaji tidak seberapa tapi janganlah melakukan hal seenaknya. anda terjun untuk menjadi seorang guru sudah berarti harus tahu kewajiban dan konsekwensinya. ikhlas adalah modal utama, dengan modal ikhlas semua akan terasa mudah, meski terasa berat mari kita bersama-sama untuk selalu memberikan yang terbaik untuk anak didik kita. jadikan itu sebagai amal baik bagi kita penghantar untuk masuk surga. masalah gaji jangan kawatir, Allah akan menggantinya dengan rizqi berlipat ganda yang datangnya tak disangka-sangka.
memang teramat sulit untuk mengaplikasikannya, tapi dengan belajar sedikit demi sedikit Insya Allah kita akan terbiasa. akhir kata semoga kita semua diberi kesehatan agar bisa mengamalkan ilmu kita dan dijadikan catatan amal baik untuk bekal diakhirat. terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap