5 langkah VervalUN Madrasah 2016-2017

https://madrasahberkah.blogspot.co.id/
Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) Madrasah 2016-2017
Sudah menjadi kegiatan rutin setiap menjelang akan diadakan Ujian Nasional. Walaupun kegiatan Ujian Nasional masih lama, namun melakukan VerVal CAPESUN harus dilakukan dari sekarang. Hal ini untuk menjaga kevalidan data Calon Peserta Ujian Nasional nantinya. Dan memberikan waktu senggang bagi Sekolah/Madrasah untuk melakukan perubahan data jika memang ditemukan data Peserta Didik yang identitasnya memerlukan perbaikan.

Khusus bagi Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), VerVal CAPESUN dilakukan melalui satu pintu EMIS Pendis. Dan data Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) yang masuk kedalam Database VerValUN Kemenag diambil secara otomatis dari Upload Data Siswa di EMIS Pendis Online.

Melakukan VerVal Calon Peserta Ujian Nasional di EMIS Kemenag Online dilaksanakan Madrasah untuk memastikan bahwa data yang tersimpan didalam Database EMIS Pendis benar-benar akurat sesuai dengan data pendukung Peserta Didik yang bersangkutan. Diusahakan data Peserta Didik harus sama dengan identitas yang tercantum di Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran siswa. Sedangkan untuk Madrasah tingkat lanjutan seperti Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah ditambah dengan kesamaan data siswa yang tercantum didalam Ijazah & SKHUN pendidikan sebelumnya.
Berikut Cara VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah di EMIS Pendis

  1. Login menggunakan akun Operator Madrasah di Aplikasi VerVal CAPESUN.
  2. Setel pengaturan Berita Acara
  3. Melakukan VerVal Calon Peserta Ujian Nasonal satu persatu.
  4. Mengunduh hasil VerVal CAPESUN.
  5. Mengunduh Berita Acara VerVal CAPESUN.

Ok mari kita bahas satu persatu semua alur VerVal tersebut

  • Pertama silakan Login di EMIS Pendis VervalUN Kemenag 
  • Lakukan pengisian data di menu Pengaturan. Ada dua kolom yang harus Anda isi disini, yaitu kolom identitas Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam (Pihak Ke-I) serta kolom Panitia Pendataan Ujian Nasional Tk. Kab./Kota (Pihak Ke-II). Anda isi mulai dari Nama Lengkap, NIP, Jabatan, dan Alamat. Jangan lupa klik Simpan.
  • Verifikasi dan Validasi Calon Peserta Ujian Nasional (VerVal-CAPESUN) pada menu Calon Peserta UN. Lakukan VerVal terhadap data individual seluruh Peserta Didik kelas akhir. Caranya klik pada nomor urut atau nama siswa yang bersangkutan.
  • Cermati serta teliti setiap data Peserta Didik yang sedang Anda VerVal. Pastikan semua data yang terisi adalah data yang benar-benar akurat. Jika ada kesalahan segera lakukan perubahan dan jika masih kosong maka lakukan edit/input data.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunduh Data CAPESUN dengan cara klik menu Unduh Data CAPESUN. File hasil unduhan akan terbentuk sebuah file berekstensi .emis. 
  • Terakhir adalah mencetak Berita Acara Serah Terima Data CAPESUN. Caranya silakan Anda klik menu Cetak BA CAPESUN. Cetak Berita Acara Data CAPESUN berikut Lampirannya.

demikian kiranya yang bisa dibagikan dalam VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun Pelajaran 2016-2017. Terima kasih

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap