Panduan belajar microsoft excel lengkap [Mudah dipraktekan]

https://madrasahberkah.blogspot.co.id/

Assalamu'alaikumkum Wr. Wb. Jangan lupa bahagia. kalau sebelumnya madrasah berkah memberikan pembahasan Belajar microsoft word lengkap untuk pemula. Kali ini akan membahas yang namanya microsoft excel. 
Seperti biasanya tidak afdol kalo kita tidak mengetahui pengertian, fungsi dannmanfaatnya. oke langsung saja simak penjelasannya.

Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office. Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor dewasa ini. 

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.
Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.

Sampai saat ini Microsoft excel sudah sampai pada versi 2016, Microsof Excel apa yang sedang bapak/ibu gunakan saat ini ? meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya dibedakan fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulu.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Komponen Microsoft Excel
Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa bagian atau komponen, diantaranya yaitu :
  • Row Heading, penunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) Excel
  • Column Heading, penunjuk lokasi kolom dalam sebuah lembar kerja Excel
  • Cell Pointer, penunjuk sel yang aktif
  • Formula Bar, Tempat di mana rumus diketikkan untuk digunakan dalam sebuah lembar kerja Excel.
Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan diantaranya yaitu :
  • Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
  • Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
  • Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
  • Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.
Manfaat Microsoft Excel
Microsoft Excel digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.

          baca juga : Cara cepat jago mengoperasikan power point

Cara mengoprasikan Microsoft Excel
maaf sebelumnya karena Madrasah Berkah tidak akan memberikan secara rinci cara mengoprasikan microsoft excel, bapak/ibu bisa googling sendiri mencari sesuai kebutuhan misal mencari rumus, atau membuat raport k13 bagi yang sudah mahir. meski kami tidak memberikan rincian cara mengoprasikannya tetapi kami akan membagikan 3 buku modul cara mengoprasikannya yang bisa bapak/ibu pelajari sendiri dirumah, diselah-selah santai. 
demikian yang bisa madrasah berkah sampaikan, bila ada hal-hal yang ingin dibicarakan jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan dalam kolom komentar. terima kasih

Comments

  1. Bagus artikelnya untuk yang baru mengenal excel.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap