3 Aplikasi kompres PDF Offline Terbaik

Pernah mengalami masalah saat akan mengirim file PDF karena ukurannya terlalu besar? jika ya maka solusinya ada dengan mengurangi ukuran file pdf tersebut sehingga menjadi lebih kecil.

File pdf adalah file yang dibilang lebih efisien dan biasanya terlihat seperti ebook. File pdf sendiri bisa dibuat di Microsoft word atau Adobe Acrobat XI Pro. bisa dan bisa juga di aplikasi pembuat pdf lainnya.

Penting Sebaiknya setelah pdf dikompres menjadi lebih kecil, periksa kembali file tersebut dan bandingkan dengan aslinya, karena proses ini bisa mengurangi kualitas gambar atau membuat dokumen yang diprose menjadi kurang bagus/sulit dibaca/blur.

Kumpulan Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline
Sesuai dengan judul, saya akan berbagi tips cara untuk mengurangi ukuran pdf agar lebih kecil dengan hasil bervariasi tergantung dari isi/konten file itu sendiri, Caranya cukup mudah ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh kita simak caranya berikut dibawah ini ya, yang sekiranya kamu dapat lakukan dengan mudah.
Namun bila file banyak mengandung gambar biasanya hasilnya tidak terlau signifikan, dan berikut adalah beberapa metode yang bisa dipilih.

1. Reduce PDF Size
Aplikasi Kompres File PDF Offline Gratis Reduce-PDF-Size
Reduce PDF Size adalah aplikasi gratis untuk kompres banyak file PDF sekaligus (bulk). Aplikasi ini hanya memiliki sebuah antarmuka dimana kamu cukup menambahkan file PDF yang ingin di-compress dan pilih pengaturan kompres-nya.
Kemudian, aplikasi ini akan melakukan kompres file PDF sekaligus dalam satu waktu (jika ada lebih dari 1 file) dan akan menyimpan hasil kompres di output folder yang sudah kamu pilih sebelumnya.
Aplikasi ini tidak membutuhkan banyak konfigurasi ribet, cukup pilih 1 dari 5 kualitas berikut:
Screen View Quality
Low Quality or eBook quality
High Quality or Printer quality
High Quality or Prepress quality
Default Quality
Saat uji coba, Screen View Quality dan Low Quality menghilangkan semua gambar yang ada pada file PDF. Setting-an yang lain bekerja dengan baik tanpa menghilangkan elemen tertentu. Fakta-nya, Default Quality adalah pilihan konfigurasi yang menghasilkan hasil terbaik.
Aplikasi ini mendukung fitur hotkeys dalam pengoperasian-nya, seperti Ctrl + A untuk menambahkan file PDF atau Ctrl + R untuk memulai proses kompres file PDF.
File yang diujicoba adalah file PDF berukuran 4,7 MB. Menggunakan Default Quality, file di kompres menjadi 1,3 MB. Lebih dari 70% hemat kapasitas!
Penggunaan perangkat lunak sangat sederhana, hanya dua langkah:
Langkah 1: pilih menu "File" -> "Tambahkan File PDF" untuk menambahkan file PDF Anda;
Langkah 2: pilih menu "File" -> "Kurangi Ukuran File PDF" untuk menentukan folder output, kemudian proses kompresi akan dimulai.

2. Free PDF Compressor
Aplikasi Kompres File PDF Offline Gratis Free PDF Compressor
Free PDF Compressor adalah aplikasi gratisan lain untuk kompres file PDF, dengan antarmuka sederhana. Kurang lebih sama lah seperti aplikasi sebelumnya, kecuali fakta bahwa aplikasi ini hanya dapat melakukan kompres 1 file PDF dalam sekali waktu.
Pilihan setting kompresinya juga mirip, yaitu:
Screen: Menghasilkan file PDF dengan gambar resolusi rendah (72 dpi)
eBook: Mengubah kualitas gambar ke 150 dpi
Printer: Menghasilkan file PDF berkualitas tinggi yang dapat dicetak. Kualitas gambar 300 dpi
Prepress: Settingan ini juga menghasilkan file PDF berkualitas tinggi, dan lebih mempertahankan warna. Kualitas gambar 300 dpi
Default: Menghasilkan file PDF dengan ukuran sedikit lebih besar dari yang lain.
Silakan kamu coba sendiri masing-masing setting yang disediakan, untuk tahu output mana yang paling cocok denganmu. Pada proses uji coba, file PDF berukuran 4,7 MB dengan kompres default menghasilkan output file PDF 1,26 MB. 73% pengurangan ukuran, wow~

3. ORPALIS PDF Reducer
Aplikasi Kompres File PDF Offline Gratis ORPALIS PDF Reducer
ORPALIS PDF Reducer adalah aplikasi kompres PDF yang tersedia dalam versi gratis yang dapat kompres file PDF sekaligus (bulk/batch).
Cukup pilih input folder yang terdapat file PDF yang hendak di kompres, dan pilih destination folder untuk menyimpan file PDF hasil kompres. Klik tombol “Start batch” untuk memulai proses kompres.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat dicoba, seperti Options for Compression, Images, Color Detection, Output Format, atau Content Removal. 

Proses kompres dapat dilakukan secara single threaded process atau multi-threaded process untuk proses kompres yang lebih cepat (tapi lebih memakan resource PC kamu.

Beberapa metode kompres PDF yang digunakan pada aplikasi ini antara lain:

Kompres MRC (Mixed Raster Content) atau Content Segmentation.
Re-sampling dan Re-compression terhadap gambar raster yang ada di file PDF.
Penghapusan file yang ter-embed pada PDF (font, dll.), form, anotasi, bookmark, objek yang tidak digunakan, dll.
Uji coba kompres 1 file PDF berukuran 4,7 MB dan hasil kompres berukuran 1,35 MB. Hemat 71%.

demikian sedikit ilmu yang bias Madrasah Berkah bagikan, jangan lupa tinggalkan komentar bila anda memiliki aplikasi yang tidak tercantum diatas namun dapat hasil yang lebih maksimal untuk update aplikasinya. terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap