5 Website yang wajib diketahui Operator Madrasah

Kali ini Madrasah Berkah akan berbagi pengalaman Website apa saja yang paling sering dikunjungi bisa dibilang 3x sehari (koyok ngombe pil) 😜. namun kali ini buka oleh kebanyakan Orang namun teruntuk bagi Operator Madrasah, Kalau kebanyakan Orang mencari berita ringan, Facebook,atau apalah terserah hobi dan kesukaan masing-masing.
namun bagi Operator Madrasah 5 Website ini sifatnya harus dikunjungi (jika dapat jatah). dari ke 5 Website ini mana yang paling anda kunjungi... ?
Oke mari kita bahas urutan paling sering dikunjungi Operator Madrasah.

5. GIS Madrasah
GIS atau Geographic information System (Sistem Infomasi Geografis) adalah salah satu pangkalan data madrasah yang disajikan dalam bentuk peta dan dipublikasikan secara umum. Data yang dimuat meliputi informasi profil madrasah, kontak, data lokasi, kondisi bangunan dan sarpras, foto kegiatan siswa, dan foto prestasi madrasah.
Setiap madrasah wajib untuk melakukan pemutakhiran data GIS Madrasah tersebut.
Proses updating data GIS ini sebagaimana Surat Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor: 172/Dt.1/Dt.1.1.2/Ks.00/02/2018 tertanggal 5 Februari 2018 dan ditandatangani oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah atas nama Direktur Jenderal. 

4. SIMSarpras
SIM Sarpras merupakan singkatan dari Sistem Informasi  Sarana dan Prasarana . Aplikasi ini merupakan sistem baru yang diluncurkan kemenag sebagai usaha transparasi dan akuntabilitas bantuan pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana semua madrasah yang berada di lingkungan kemenag.
“Untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, Direktorat Pendidikan Madrasah akan memberlakukan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sarana dan Prasarana (Sarpras),” terang M. Nur Kholis Setiawan sebagaimana dilansir oleh www.kemenag.go.id
SIM Sarpras merupakan aplikasi berbasis online yang bisa diakses oleh setiap madrasah untuk mengajukan permohonan penambahan maupun perbaikan sarana dan prasarana seperti ruang kelas, perpustakaan, LAB dan lain-lain.

3. SISPENA
Setiap sekolah/madrasah di indonesia harus mengikuti proses akreditasi, jika ditanya kenapa harus ikut akreditasi ? atau apa manfaat dari akreditasi sekolah ? maka secara spontanitas kita sebagai pelaku dalam dunia pendidikan akan menjawab agar mendapat penilaian, atau agar sekolah memperolah predikat, atau agar sekolah diakui pemerintah. Sebuah jawaban yang simple namun memang seperti itu kenyataanya. Dengan diakreditasi maka minimal sekolah / madrasah yang diakreditasi akan mendapat : nilai, predikat dan pengakuan dari pemerintah.
Prosedur akreditasi S/M dimulai dari kegiatan sosialisi akreditasi kepada seluruh sasaran. Langkah yang harus dilakukan sekolah setelah itu adalah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) secara online pada aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M). Pengisian DIA dilakukan secara online melalui website: http://bansm.kemdikbud.go.id. dengan user name dan password menggunakan NPSN sekolah. Setelah selesai mengisi DIA alangkah baiknya sekolah mengganti password agar tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Emis Madrasah
Sebelum kita membahas lebih detail tentang EMIS kita harus tau dulu apa sih emis itu? untu apa? dan apa manfaatnya nya, EMIS adalah singkatan dari Education Management Information System, sedangkan PENDIS adalah singkatan dari Pendidikan Islam.Emis Pendis merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh kementerian agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.sedangkan Tujuan EMIS itu agar sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan sekolahnya.Selama ini, sistem yang lama cukup merepotkan khususnya untuk mengetahui perkembangan terakhir dan data terkini yang di madrasah-madrasah di seluruh indonesia.
adapun Manfaat EMIS yaitu memudahkan di dalam menemukan data yang valid tentang madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi di Indonesia.
Data EMIS dibangun digunakan sebagai pintu utama transfer data dari lembaga tingkat paling bawah menuju pusat. Artinya data-data yang dikirim oleh lembaga akan langsung masuk dan  bisa dilihat oleh dirjen pendis pusat. Data EMIS itulah yang nantinya Turut Menentukan Kualitas Perencanaan Program Pendis.
Dikutip dari situs emis.pendis.go.id berikut merupakan alasan mengapa Emis dibangun.

1. Simpatika
SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag) sebagai Sistem Online Pengendalian dan Pengawasan Internal PTK Kemenag, merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri yang dirintis oleh Kemdikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015. Mulai 17 Agustus 2015, Kemenag mengembangkan secara mandiri Layanan SIM PTK Online berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.
Melalui Layanan SIMPATIKA, Kemenag mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi: Digitalisasi Portofolio PTK, Bantuan/Beasiswa PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu PTK, VerVal NRG, VerVal Inpassing, NPK, Alih Tugas Tambahan, SKMT & SKBK Online, Seleksi Sertifikasi Guru Kemenag, Registrasi UKG, eTunjangan, Tata Kelola Pengawas, ePKB (tindak lanjut hasil UKG), dan beragam program lainnya.
Proses transaksi data pada Layanan SIMPATIKA akan melibatkan secara berjenjang mulai dari individu PTK, Pimpinan Madrasah/Sekolah, Kantor Kemenag Kab/Kota, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, hingga Unit-Unit Kerja Kemenag Pusat dengan terpadu.

sebetulnya masih banyak Website yang sebetulnya dikunjungi seperti Monev, SBSN dll namun itulah 5 website yang menurut admin paling sering dikunjungi. mungkin sahabat Operator punya yang lain bisa masukkan dalam kolom komentar. terima kasih.


Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap