Aplikasi Lama Rasa Baru Emis Feeder Versi 1.0 Update 18022020



Aplikasi Feeder Emis (AFE) Madrasah merupakan Aplikasi pendataan yang baru saja diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 

Setelah melalui serangkaian ujicoba, mulai Februari 2020 ini, Aplikasi Feeder Emis (AFE) Madrasah, resmi diluncurkan dan dipergunakan. Para operator Emis yang biasanya menggunakan emis online, sekarang bisa menggunakan Aplikasi Feeder Emis yang akan berjalan secara offline dan hanya membutuhkan koneksi iinternet saat sinkronisasi data saja.
EMIS Feeder merupakan aplikasi berbasis komputer lokal yang dapat disinkronisasi dengan Server Pendataan di Pusat. Emis Feeder diharapkan dapat mempermudah akses satuan pendidikan dalam pendataan EMIS.
Dengan sistem pendataan melalui Aplikasi Feeder Emis Madrasah ini, maka update data EMIS semakin lebih cepat, karena pendataan ini dilakukan secara online-offline tanpa bergantung selalu akses internet, akses internet hanya diperlukan diawal pemakaian dan di akhir pendataan untuk pengambilan dan pengiriman data ke server Emis pusat.

Feeder Emis Madrasah digunakan untuk Semester Genap tahun pelajaran 2019/2020, sehingga Bapak/Ibu dapat mulai menggunakan aplikasi tersebut guna pendataan Emis dan menggantikan Emis Madrasah Online.



Pertanyaan Seputar Emis Feeder 

1. Apakah EMIS Feeder?
EMIS Feeder adalah aplikasi berbasis komputer lokal yang dapat disinkronisasi dengan Server Pendataan di Pusat.
Tujuannya adalah mempermudah akses lembaga dalam pendataan EMIS. Dengan sistem pendataan melalui Feeder ini, maka update data EMIS semakin lebih cepat, karena model pendataan ini dilakukan melalui mekanisme pendataan secara offline tanpa bergantung selalu akses internet, akses internet hanya diperlukan diawal dan di akhir pendataan dalam rangka pengambilan dan pengiriman data ke server pusat.

2. EMIS Feeder digunakan untuk Lembaga apa?
Untuk tahap pertama EMIS Feeder yang disediakan adalah EMIS Feeder Madrasah.

3. Dimana kita mendapatkan aplikasi Feeder?
Aplikasi feeder dapat di download melalui website EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id) pada menu Unduhan. (Saat ini aplikasi feeder belum aktif digunakan, dikarenakan sedang proses ujicoba. Aplikasi direncanakan akan dioperasikan Semester Genap 2019/2020).

4. Bagaimana Cara Kerja aplikasi Feeder (Madrasah)?

Aplikasi feeder merupakan aplikasi berbasis web komputer lokal, dengan cara download dari EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id). file dalam bentuk ZIP, perlu diekstrak. hasilnya file exe bisa langsung dijalankan. Untuk pertama kali perlu koneksi internet untuk login ke server emis pusat dan menarik data awal profil lembaga dilanjutkan menarik data siswa, guru, tendik dan sarpras. setelah mendapatkan data tersebut, koneksi bisa diputuskan selanjutnya bekerja (update) untuk data-data lembaga, siswa, guru, tendik dan sarpras yang dilakukan secara offline. Jika sudah selesai seluruhnya, maka data tersebut dikirim ke server pusat melalui mekanisme sinkronisasi.


Prosedur Feeder Emis Madrasah Offline Tahun 2020

EMIS Feeder hanya digunakan untuk mengisikan kelengkapan data Lembaga bukan untuk menambah atau mengeluarkan siswa dan guru.

Prosedur Pendataan Feeder Emis Madrasah Offline adalah sebagai berikut:

  1. Import Data Server (harus online)
  2. Update Data Pokok Lembaga (bisa offline)
  3. Update Data Pokok Siswa (bisa offline)
  4. Update Data Pokok GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) (bisa offline)
  5. Update Data Sarpras (bisa offline)
  6. Sinkronisasi ke Server (harus online)
  7. Hasil Sinkronisasi Aplikasi Feeder silakan memeriksanya di halaman Online Feeder Monitoring di alamat di http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/
  8. Selesai

Cara Install Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020)

Update AFE 1.0 (18022020)
http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/feeder/AFE18022020.rar
- Perbaikan data wilayah yang kurang
- NIS Lokal bisa diperbaiki

Untuk melakukan proses instalasi ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sebelum ekstrak File Feeder Emis Madrasah, Matikan terlebih dahulu Antivirus pada Komputer/Laptop (Windows Devender, Smadav, Avast, dll), hal ini untuk mencegah pemblokiran aplikasi oleh antivirus.
  2. Nyalakan akses Internet ke Komputer/Laptop.
  3. Ekstrak File ZIP. Feeder Emis Madrasah yang sudah diwonload 
(Update:20.02.2020)

A. Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui AFE
  • Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota)
  • Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard EMIS => http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi
  • Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal
  • Jalankan File Aplikasi emis.exe
  • Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama harus Online)
  • Silakan Ambil Data pada menu Data Lampau (Siswa, Guru dan Sarpras)
  • Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline.
  • Sinkronisasi Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras)
  • Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (Online) => http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor , pastikan progres berwarna hijau.
  • Konfirmasi Data (Jika sudah Sync Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras. Semua lingkaran Progres Hijau) Pastikan data sudah lengkap dan Valid)
  • Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah (harap periksa dengan cermat isi BAP)
  • Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan)
  • Selesai
B. Troubleshooting AFE Versi 1.0 1. Gunakan Versi 1.0 yang terbaru/Final melalui link http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi , ukuran file AFE 83 mb. 2. Pastikan Komputer menutup aplikasi lainnya, dan jika sedang menjalankan webserver lokal harap dinonaktifkan. 3. Satu Aplikasi hanya untuk satu Login Lembaga. Jika komputer terbatas, aplikasi bisa menjalankan beberapa pendataan AFE dalam satu komputer dengan folder yang berbeda. 4. Jika pertama kali loading aplikasi dibuka (ada pesan please wait) lama, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali aplikasi 5. Jika form tidak bisa edit/dipilih seperti terkunci/lock, klik window luar aplikasi, kemudian kembali ke aplikasi. 6. Jika SignOut dalam kondisi aplikasi masih aktif untuk login lagi biasanya anda perlu klik window luar aplikasi kembali ke aplikasi lagi untuk login kembali. 7. Jika Ingin melakukan Mutasi Siswa, Tambah dan Non aktif Siswa/GTk/Sarpras Gunakan Feeder Monitoring, karena fitur tersebut tidak disediakan di AFE 8. Proses Mutasi harus persetujuan Madrasah Tujuan 9. Proses Non aktif Siswa/GTK melalui persetujuan Kankemenag Kab/Kota. 10. Jika sudah terlanjur Upload BAP, tetapi ada kekeliruan. Maka masih diperkenankan untuk membatalkan BAP dengan cara mengajukan Permohonan Pembatalan BAP ditandatanagani Kepala Madrasah, surat ditujukan kepada Kankemenag Kab/Kota, scan surat filenya dilampirkan dalam usulan melalui form usulan di menu Upload BAP. C. Catatan: 1. AFE hanya bisa ambil data lampau (semester sebelumnya), dan menyempurnakan atau membetulkan data tersebut untuk disync ke Server EMIS 2. Untuk Data Pokok yang dikunci pada AFE adalah Siswa, NISN, NIK dan Nama Siswa, sedangan Guru, NUPTK, NIK, dan Nama Guru. 3. Pada AFE tidak bisa dilakukan hapus, tambah data dan Mutasi tetapi melalui Feeder Monitoring 4. Monitoring hasil Sinkronisasi AFE dilihat di Feeder Monitoring Fungsi Selengkapnya Feeder Monitoring: 1. Cek hasil Sync dari AFE 2. Tambah Data Siswa, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Siswa AFE) 3. Tambah Data Guru, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Guru AFE) 4. Tambah Data Ruang Sarpras, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Sarpras AFE) 5. Menghapus Data Double/Dropt Out/Menonaktifkan Data Siswa dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota 6. Menghapus Data Double/Menonaktifkan Guru dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota 7. Mutasi Siswa (sebelumnya harus Sync Siswa AFE), Usulan harus disetujui oleh Lembaga tujuan. 8. Konfirmasi Data, Jika Data sudah lengkap dan sudah Valid. 9. Cetak BAP 10. Upload BAP (Lakukan Upload BAP sebagai tanda selesainya pendataan) alamat Feeder Monitoring http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/


Comments

Popular posts from this blog

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band

Download SK NRG beserta lampiran Kemenag terlengkap